Rabu, 08 Desember 2010

tentaa

Tentang jepang..........

Jepang adalah negara yang cukup menarik untuk dikenal. Salah satu hal yang cukup menarik bagi saya adalah kemampuan negaranya untuk memadukan unsur modern dengan tanpa menghilangkan budaya tradisionalnya dan satu lagi yang mungkin luput dari pandangan banyak orang adalah kesedian mereka untuk memberikan cukup ruang hijau diantara himpitan bangunan betonnya. Di jalan, suasananya sangat teratur. Kemacetan sangat jarang terjadi. Suara klakson mobil yang sering saya dengar selama ini, di sini tampaknya diharamkan.Kota yang terlihat sangat sepi, terutama hari libur dan jam kantor, namun keramaian sering berada di bawahnya. Di Jepang, hampir semua stasun kereta api, terutama yang di pusat kota terletak di bawah tanah. Saya sering tidak percaya kalau dibawah jalan yang sering saya lalui ternyata adalah stasiun kereta, toko, bahkan juga supermarket.Yang paling membuat saya terkesan tentang jepang adalah kenyaman ketika menyebrang jalan. Semua mobil secara alami akan berhenti menunggu penyebrang sampai habis, bukan sebaliknya. Betapapun pelannya mereka menyebrang tetap saja harus ditunggu. Kesabaran pengemudi tampaknya sangat teruji. Ketika lampu merah pengemudi harus menghentikan kendaraannya, tentu saja, namun walaupun lampu hijau terutama yang belok kanan atau kiri, bukan berarti tancap gas, karena disaat yang bersamaan merupakan lampu hijau untuk pejalan kaki.
Sungai terutama yang terletak dipusat kota, selama ini mempunyai image yang kotor di kepala saya, namun di sini image itu harus saya ubah, karena sungai disini terlihat sangat bersih. Di beberapa tempat terdapat tempat duduk dengan payung peneduh. Bau amis air sungai hampir tidak terasa, walaupun airnya tidak bisa dikatakan bersih, karena warnanya yang aneh kehijauan. Namun setidaknya sampah, terutama sampah plastik hampir tidak terlihat. Kalau sampah daun tampaknya masih bisa ditemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar